Makassar — Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar AHM Best Student pada tahun ini dengan tajuk “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat!”. Menyambut kompetisi tersebut, Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, membuka pendaftaran seleksi tingkat regional untuk perwakilan terbaik di Tingkat Nasional.
Kepala Wilayah Astra Motor Sulawesi Selatan, Thamsir Sutrisno, mengatakan bahwa AHM Best Student terbuka bagi seluruh siswa setingkat SMA di seluruh Indonesia. Adapun kompetisi tersebut, kata Thamsir, bertujuan untuk mengajak generasi muda dalam mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini.
“Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap 2 Mei, kami mengajak seluruh siswa setingkat SMA di Sulawesi Selatan untuk turut berpartisipasi sekaligus melahirkan karya-karya inspiratif, dan menjadi bagian dari generasi Z yang kuat serta berkontribusi dalam membangun negeri,” kata Thamsir di Kota Makassar.
AHMBS 2023 digelar dengan menyajikan dua kategori perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi dengan mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).
Para siswa multitalenta yang juga aktif di bidang sosial dan keagamaan, budaya dan olahraga dapat mengikuti kompetisi ini sesuai dengan minatnya sejalan dengan 17 indikator SDG’s. Gen Z yang menjadi siswa sederajat SMA dengan tahun ajaran 2022-2023 dapat menuangkan karya terbaiknya di kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum.
Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype. Sementara itu pada kategori Invensi, para siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa. Karya Gen Z ini dikurasi melalui seleksi berjenjang hingga 6 tahapan.
Pendaftaran AHM Best Student Regional Sulawesi Selatan berlangsung pada 15 Maret-20 Juli 2023. Sedangkan seleksi administrasi dan makalah berjalan pada 21-22 Juli 2023, dan presentasi regional pada 4-5 Agustus 2023.

Adapun syarat dan ketentuan yakni Siswa SMA/SMK/MA, perorangan/tim, diketahui guru pembimbing dan rekomendasi sekolah, tema makalah dan presentasi kompetisi sejalan dengan 17 Sustainable Development Goals (SDG’s).
Sedangkan untuk format penulisan dan teknis lomba, peserta harus merujuk pada “Juknis Makalah AHMBS 2023.” Kemudian, peserta wajib mengikuti semua program secara online maupun offline.
Siswa setingkat SMA di seluruh wilayah Sulawesi Selatan dapat mengikuti lomba ini secara mudah dan tanpa biaya. Informasi dan panduan AHM Best Student Regional Sulawesi Selatan bisa diakses melalui link https://bit.ly/AHMBS2023. Adapun link pendaftaran https://bit.ly/Reg_AHMBS2023.
Makalah yang sudah tersusun dapat dikirim ke astramotorgsgah760@gmail.com. Jika ada informasi yang kurang lengkap, peserta dapat menghubungi nomor kontak 085275248049 atas nama Syarif.
Kegiatan penjurian AHMBS dilakukan pada periode Agustus – Oktober 2023 dengan melibatkan alumni AHMBS, praktisi, akademisi hingga para profesional di setiap bidang. AHMBS tahun ini juga mengapresiasi para guru yang tanpa lelah membina siswa untuk terus berprestasi. AHMBS 2023 hadir dengan total hadiah hingga Rp120.000.000 bagi para pemenang.
“Kami berharap, siswa-siswa setingkat SMA di Sulawesi Selatan dapat turut serta dalam AHM Best Student. Mari tunjukan ide dan gagasan kalian untuk membangun Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Thamsir.
AHMBS yang juga diperuntukan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Madrsah Aliyah (MA) merupakan program kontribusi sosial perusahaan di pilar pendidikan yang telah berlangsung sejak 2003. Program bagi generasi muda ini telah memiliki 1.284 orang alumni yang telah berkiprah melalui berbagai profesi yang ditekuni seperti dokter, dosen hingga wirausaha.
Pendekatan yang dilakukan sepanjang gelaran ini terus mengikuti perkembangan tren anak muda dengan topik yang menginspirasi pada lingkup nasional dan global. AHBMS juga memberikan wawasan inspiratif bagi para pesertanya melalui berbagai narasumber baikt tokoh nasional, tokoh muda, penulis, enterpreneur hingga atlit nasional.

TITIP BALASAN