Makassar- Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga
menguji coba penggunaan Smart Classroom, Senin (10/6/2024). Dalam uji coba tersebut dihadiri oleh guru dan karyawan sekolah yang terletak di kecamatan Manggala tersebut.

Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dr Bakry Liwang mengatakan, terobosan ini sebagai bagian dari percepatan transformasi digital sekaligus peningkatan kualitas layanan.

“Insya Allah tahun ajaran kedepan SMA Islam Athirah Bukit Baruga akan menyiapkan smart class sebagai pilot project pembelajaran digital dengan berbasis Artificial Intelligence,” Tuturnya.

Lebih lanjut, Alumnus Malaysia tersebut menjelaskan Ruang kelas Smart Classroom dilengkapi dengan teknologi digital untuk menciptakan cara mengajar dan belajar secara modern.

“Konsep ruang kelas ini terintegrasi dengan teknologi pendidikan yang memanfaatkan perangkat pintar baik audio maupun visual di mana guru bisa menulis smart board dan terkirim ke seluruh siswa bahkan dilengkapi dengan berbagai alat dan perangkat interaktif yang memungkinkan para murid untuk belajar dan berkolaborasi dengan sekolah sekolah terbaik di dalam maupun di luar negeri,”jelasnya.

Selain itu, ia juga menuturkan Dengan smart classroom, orang tua dapat memantau proses terjadinya belajar mengajar, sehingga mereka tidak hanya bisa mengetahui kehadiran anak mereka di kelas, tetapi juga mengetahui kualitas pembelajaran yang ada di kelas tersebut.

Terpisah, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga Mas Aman Uppi menjelaskan yang melatarbelakangi adanya smart classroom di SMA Islam Athirah, untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia yang semakin terkoneksi secara digital.

“Teknologi memberikan sarana untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, memberikan akses ke sumber daya pendidikan yang lebih luas, dan mengembangkan keterampilan teknologi yg krusial untuk masa depan siswa,”jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungakpkan adanya smart classroom dapat memberikan dampak positif terhadap karakter siswa.

“Misalnya, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi, kreativitas, dan inisiatif siswa karena mereka diajak untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Selain itu, smart classroom juga dapat membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa karena mereka diberi kesempatan untuk mengeksplorasi konsep-konsep secara mandiri dengan dukungan teknologi,”ungkapnya

Bahkan kata, dia keunggulan Smart classroom tersedianya teknologi interaktif seperti layar sentuh dan perangkat lunak khusus, yang mampu menyediakan akses langsung ke berbagai konten digital yang terintegrasi dalam lingkungan pembelajaran fisik.

“Sehingga memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif melalui penggunaan teknologi, selain itu guru dapat menyajikan materi pembelajaran dengan berbagai metode dan gaya yang berbeda sesuai dengan kebutuhan siswa, sementara kelas,” Tutupnya.

Diketahui, Pada uji coba tersebut pihak PT Kawauso Teknologi Indonesia memberikan menjelaskan fungsi dan cara penggunaan smart board dalam mengajar di kelas.

TITIP BALASAN